Assalamualaikum wr.wb
Membahas mengenai cara untuk menghadapi
situasi ditempat kerja dengan pekerjaan yang menumpuk dan membosankan, jujur
saja saya pribadi belum ada pengalaman tentang dunia kerja, namun disini saya
akan membahas bagaimana cara saya dalam menghadapi tugas-tugas yang diberikan
dalam perkuliahan dengan suasana yang membosankan.
Misalkan ada tugas individu dari matkul yang
berbeda, dan laporan akhir dari lab yang dikumpun setiap minggunya, saya
terkadang meremehkan waktu untuk mengerjakan tugas, saya akan mengerjakan
setidaknya hari sabtu dan minggu, namun alangkah lebih baik tugas dikerjakan
lebih awal.
Mengerjakan tugas bersama dengan teman, jika tugas dilakukan secara
bersama pastinya tugas tersebut menjadi mudah. Terkadang jika saya merasa kesulitan
ataupun sudah tidak bisa memecahkan masalah dalam mengerjakan tugas, atau istilahnya
sudah mentok, saya akan melihat pekerjaan teman saya, serta bertanya apa yang saya
kurang mengerti.
Apabila saya merasa bosan ketika mengerjakan
tugas yang ada, cara untuk menghilangkan kejenuhan tersebut, saya meluangkan
waktu untuk bermain game setidaknya setengah sampai satu jam, dengan bermain
game terkadang saya bisa lupa waktu, dan itulah menjadi keburukan dari
meluangkan waktu untuk bermain game.
Tidak jarang juga ketika saya mengerjakan tugas sambil ngemil snack. Dan
juga mendengarkan musik, beberapa orang mungkin akan terganggu jika bekerja sambal
mengerjakan musik, mengakibatkan kurang berkonsentrasi saat melakukan pekerjaan,
namun hal ini saya lakukan agar saya tidak merasa bosan dan mengantuk.
Istirahat juga penting dilakukan ketika saya sudah merasa jenuh dalam
mengerjakan tugas, selain bermain game, istirahat yang saya lakukan yaitu tidur
paling lama 1 hingga 2 jam.
Mungkin itulah hal-hal yang saya lakukan
ketika tugas diperkuliahan sedang menumpuk dan mengatasi kebosanan dalam
mengerjakan tugas.
Tidak semua orang memiliki pekerjaan yang sama.
Tingkat tekanan dan kejenuhannya pun bergantung pada pekerjaannya. Ketika
pekerjaan terlalu menumpuk, tentunya akan menjadi beban untuk karyawan
tersebut, entah itu stress, bosan, atau hal lainnya yang membuat tidak nyaman.
Jika pada suatu saat saya berada pada lingkungan
kerja, dalam kondisi kerjaan yang menumpuk ditambah suasana yang membosankan,
saya akan menjabarkan cara untuk mengatasinya menurut saya pribadi. Berikut
adalah tipsnya:
Menentukan prioritas, tentunya kita tidak
akan bisa mengerjakan semua pekerjaan secara bersamaan, maka dari itu tentukan
pekerjaan yang lebih penting yang harus diselesaikan terlebih dahulu.
Hindari tekanan dalam mengerjakan pekerjaan,
semakin kita memikirkan pekerjaan yang menumpuk, maka kita akan mengalami
stress. Ada baiknya berfikirlah positif seperti halnya reward yang
didapat setelah bekerja, hasil yang didapat yaitu gaji, pikirkan hal-hal yang
menarik ketika kita telah mendapatkan gaji tersebut.
Istirahat sejenak dari pekerjaan, melakukan pekerjaan didepan monitor
serta terlalu banyak duduk akan berdampak buruk dalam jangka panjang,
lalukanlah hal berikut, seperti melakukan peregangan ketika merasa jenuh atau sudah
terlalu lama duduk, tidur setidaknya 10-15 menit jika perlu.
Sarapan juga perlu, jangan sampai kita
bekerja dalam keadaan perut kosong, makanlah sarapan yang bergizi yang
didalamnya memiliki karbohidrat, protein, serta sedikit lemak juga dibutuhkan.
Luangkan waktu untuk mengobrol dengan rekan
kerja, berinteraksi dengan rekan kerja akan menciptakan lingkungan kerja yang
baik, jika ada waktu luang atau akhir pekan lakukan kegiatan seperti
berolahraga bersama, rekreasi bersama, ataupun makan bersama.
Hal yang lebih penting ialah Ibadah, sesibuk
apapun kita dalam bekerja, jangan sampai kita melupakan ibadah, bagi orang muslim,
berwudhu dan sholat dapat menenangkan pikiran.
Mungkin itu yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini semoga
bermanfaat bagi pembaca, terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb
►Diposting oleh
:yusuf maulana
:
di
18.45
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar