Siapa
yang tak kenal dengan game online? Dari segala umur
saat ini begitu dekat dengan istilah game
online. Namun apakah sebenarnya pengertian game online itu sendiri. Berikut pembahasan mengenai game online.
Game
dalam Jaringan atau (Game
online)
adalah Suatu jenis game komputer yang dapat dimainkan oleh multipemain melalui
internet. Biasanya disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia
jasa online atau dapat diakses langsung (mengunjungi halaman web yang
bersangkutan) atau melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang
menyediakan permainan tersebut. Game Online terdiri dari berbagia macam jenis,
mulai dari yang paling sederhana berbasis teks hingga permainan yang
menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh
banyak pemain sekaligus. Dalam game online, ada dua unsur utama, yaitu server
dan client. Server melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client,
sedangkan client adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server. Game
online bisa juga disebut sebagai bagian dari aktivitas sosial karena pemain
bisa saling berinteraksi secara virtual dan bisa juga menciptakan suatu
komunitas dalam game tersebut.
Permainan Daring merupakan jenis permainan komputer yang
memanfaatkan jaringan komputer baik LAN atau Internet. Pada sebuah game online,
Internet adalah sebuah fasilitas yang memungkinkan kita bermain pada jalur protokol
yang digunakan Internet, walau game online tidak selalu berarti game yang dapat
dimainkan secara multi player, tetapi umumnya game online dengan skala yang
cukup besar mendukung permainan multiplayer, yang menjadi salah satu faktor
kepopuleran game online.
Game Dan Jaringan
- Game Online sangat mungkin dimainkan dengan adanya sistem jaringan komputer, saat ini komputer tidak lagi selalu berarti jaringan lokal (Local Area Network), akan tetapi dapat diasumsikan dengan Internet atau teknologi sejenis, walaupun sebenarnya dua komputer yang terhubung peer to peer juga sudah merupakan jaringan komputer.
- Istilah multi player game sendiri pada awalnya merujuk pada game yang dimainkan terbatas pada LAN, karena saat itu untuk mewujudkan game online masih membutuhkan biaya yang relatif mahal untuk kebutuhan koneksi dan bandwith Internet. Migrasi game online dari menggunakan protokol LAN (seperti IPX) menjadi protokol TCP/IP yang digunakan dalam Internet, terjadi selama kurun waktu tahun 1990-an.
- Tidak mengherankan saat ini infrastruktur jaringan semakin baik, game online seakan mendapatkan wadahnya karena dengan dukungan infrastruktur, para gamer dapat memainkan game online dengan nyaman. Bayangkan berapa yang waktu yang diperlukan untuk melakukan download game, sinkronisasi dengan pemain lain, dan pertukaran data lainnya. Paling tidak untuk saat ini, memainkan game online memang masih sangat berat jika dilakukan dengan menggunakan koneksi Internet dial-up.
Teknologi Dibalik Game online
- Konsep dasar game mungkin tidak terlalu banyak mengalami perubahan, misalnya pada game dengan jenis Role Playing Game yang berciri action dan umumnya menitikberatkan pada pertempuran.
- Walaupun konsep dasarnya sama, para game tidak pernah dibuat bosan karena selalu ada perkembangan yang menyertai game rilis terbaru, misalnya lokasi pertempuran, tokoh dan karakter, senjata yang digunakan, serta strategi dan tantangan yang beragam, serta masih banyak lagi.
- Karena itu sisi interface menjadi sangat penting bagi sebuah game, dan teknologi yang berjasa untuk mewujudkan game online adalah teknologi seperti Flah dan Java, yang dapat menampilkan video dan audio interaktif pada Internet.
- Para developer game ataupun gamer juga tidak akan asing dengan nama DirecX, sebuah kumpulan API (Application Programming Interface) pada platform Windows yang menangani tugas – tugas yang berhubungan dengan multimedia, khususnya pemrograman game dan video.
- SDK (Software Development Kit) dari DirecX digunakan untuk menciptakan game dengan memanfaatkan fungsi – fungsi DirecX yang disediakan. Pada dasarnya, game itu sendiri merupakan sebuah aplikasi komputer, yang ditulis dengan script atau bahasa pemrograman, dibalik sebuah game yang menghadirkan kesenangan dan kenyamanan bermain, terdapat ribuan bahkan jutaan kode program yang membentuknya.
- Game dapat ditulis dengan bahas pemrograman yang umum dan telah dikenal seperti Visual Basic, C, Java, Delphi, Phyton, dan lain sebagainya. Umumnya para developer game menggunakan tools atau paket library, seperti OpenGL Utility Toolkit atau modul lainnya.
- Beberapa development tools juga kembangkan untuk memudahkan pembuatan game, misalnya RPG Maker dari Jepang yang memungkinkan kita menciptakan game dengan genre Role Playing Game. RPG Maker kemudian dikembangkan menjadi RPG maker 2000 atau biasa disingkat RM2k, kemudian menjadi RPG Maker 2003 (RM2k3), RPG Maker XP (RMXP), hingga saat ini RPG Maker VX, yang tentu saja semakin menawarkan fitur – fitur yang memudahkan pembuatan game yang semakin baik. Bagaimana dengan genre game selain RPG? Tentunya juga tersedia development tools untuk itu, seperti Fighter Maker yang dari namanya sudah dapat ditebak merupakan tools untuk menciptakan game fighting.
Dampak Positif Bermain Game Online
- Bermain game bagi pelajar merupakan hal yang pasti dilakukan oleh semua pelajar, Maupun itu pria atau wanita, game adalah sarana untuk senang atau menghaiskan waktu. Terkadang orang tua berfikir bahwa bermain game adalah hal yang merugikan bahkan membuang-buang waktu. Tetapi ada keuntungan dibalik bermain game.
- Ada banyak jenis game yang dimainkan oleh anak-anak khususnya para pelajar. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, visual game kini merajai setiap layar komputer pelajar. Visual game yang menampilkan grafik gambar tiga dimensi membuat gambar terlihat lebih real. Kemudian visual game juga menampilkan warna-warna yang mencolok untuk menunjang grafik gambar yang ditampilkan, sehingga proporsi gambar pada visual game sudah dipastikan nyaris sempurna untuk disandang dan dinikmati oleh mata-mata pemainnya sebagai kepuasan dalam bermain. Ragam jenis visual game pun menawarkan hal-hal yang membuat pemainnya penasaran untuk memainkannya. Hal-hal inilah yang membuat visual game menjadi hal yang paling menarik dan teman terbaik untuk menghabiskan waktu bersama.
- Keasikan dalam bermain dengan visual game membuat presepsi khususnya orang tua terhadap visual game menjadi sedikit buruk. Tak sedikit orang tua yang menganggap bahwa bermain visual game menimbulkan dampak yang buruk bagi pemainnya, karena hilangnya waktu belajar yang baik dan sebagainya.
- Kosa Kata. Bermain game merupakan salah satu cara lain berinteraksi juga loh. Dua macam interaksi yang biasanya terdapat pada game adalah interaksi satu arah untuk berbagai game offline dan interaksi dua arah bagi game online. Cara-cara bermain game dan interaksinya secara tidak langsung membuat penambahan dan pelatihan kosa kata pada pelajar, khususnya pada game online yang menawarkan interaksi sesama pemain namun berbeda negara yang membuat pelajar sedikit demi sedikit mempelajari bahasa asing.
- Strategi. Pada beberapa game yang khususnya game yang membutuhkan strategi khusus dalam permainannya, membuat pelajar melatih kemampuannya berstrategi. Selain itu pula pelajar mampu mengambil keputusan dan juga bernegosiasi.
- Konsentrasi Hal ini yang paling utama membuat orang tua kita berteriak hanya untuk memanggil nama kita dan membuat kita beranjak dari game itu. Konsentrasi merupakan hal yang sangat diperlukan dalam setiap game dengan jenis apapun itu, terkadang konsentrasi yang dibentuk dalam bermain game lebih besar dibanding dengan konsentrasi yang dibentuk ketika pelajar sedang belajar. Hal ini disebabkan karena konsentrasi yang dibentuk oleh pelajar terfokus oleh game yang sedang ia mainkan dengan mengenyampingkan hal-hal lainnya.
- Visual Skill. Visual skill merupakan hal yang pasti akan diperoleh oleh pelajar karena kemahirannya dalam memainkan visual game.
- Mengurangi Kepikunan. Percaya tidak percaya hal ini memang terjadi. Dengan gaming, pelajar dapat mengurangi resiko kepikunan dini karena bermain game menuntut otak pelajar bekerja terus menerus secara sistematis sehingga resiko kepikunan dini dapat dihindari bagi pelajar.
- Melatih koordinasi mata. tangan dan skill motorik. Koordinasi merupakan hal paling penting dalam bermain game. Koordinasi mata, tangan dan skill motorik lah yang bekerja terus menerus ketika pelajar bermain game. Mata yang terus mengawasi dan mengikuti jalannya permainan, tangan yang memainkan semuanya disertai dengan skill motorik yang bekerja beriringan.
- Time Management. Sebenarnya time management yang baik itu juga bisa didapat oleh pelajar ketika dia bermain game. Pelajar dituntut dapat membagi waktunya dengan sebaik mungkin untuk bermain game, belajar dan juga melakukan hal-hal lainnya. Namun, memang sebagian pelajar sedikit susah untuk mendapatkan time management yang baik untuk dirinya sendiri. Maka dari itu time management merupakan manfaat yang paling susah didapatkan oleh pelajar namun jika pelajar dapat merasakan manfaat yang satu ini, dijamin dia adalah orang yang smart.
Dampak Negatif Bermain Game Online
- Menimbulkan adiksi (kecanduan) yang kuat. Sebagian besar game yang beredar saat ini memang didesain supaya menimbulkan kecanduan para pemainnya. semakin seseorang kecanduan pada suatu game maka pembuat game semakin diuntungkan karena peningkatan pembelian gold/tool/karakter dan sejenisnya semakin meningkat. Tapi keuntungan produsen ini justru menghasilkan dampak yang buruk bagi kesehatan psikologis pemain game.
- Mendorong melakukan hal hal negatif. Walaupun jumlahnya tidak banyak tetapi cukup sering kita menemukan kasus pemain game online yang berusaha mencuri ID pemain lain dengan berbagai cara. Kemudian mengambil uang didalamnya atau melucuti perlengkapannya yang mahal-mahal. Kegiatan mencuri ID ini biasanya juga berlanjut pada pencurian akun lain seperti facebook, email dengan menggunakan keylogger, software kracking dan masih bnyak lagi. Bentuk pencurian ini tidak hanya terbatas pada pencurian id dan password tetapi juga bisa menimbulkan pencurian uang, meskipun biasanya tidak banyak (dari uang SPP misalnya) dan pencurian waktu, misalnya membolos sekolah demi bermain game.
- Berbicara kasar dan kotor. Biasa nya hal ini terjadi akibat emosi para pemain game online yang tidak bisa menahan diri sehingga mengucapkan kata-kata kotor atau tidak sopan. Para pemain game online sering mengucapkan kata-kata kotor dan kasar saat bermain di warnet atau game center.
- Perubahan pola makan dan istirahat. Perubahan pola istirahat dan pola makan sudah jamak terjadi pada gamers karena menurunnya kontrol diri. Waktu makan menjadi tidak teratur dan mereka sering tidur pagi demi mendapat happy hour (internet murah pada malam-pagi hari).
- Pemborosan. Uang untuk membayar sewa komputer di warnet dan membeli gold/poin/karakter kadangkala nilainya bisa mencapai jutaan rupiah. Belum lagi koneksi internet, dan upgrade spesifikasi komputer dirumah.
Demikian
penjelasan mengenai game dalam
jaringan, semoga tulisan ini menjadi bermanfaat bagi para pembaca, saran dari
penulis bijaklah dalam bermain game online, serta harus dapat memanage waktu
antara bermain dengan belajar/bekerja.
Referesi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Online_gaming_%28permainan_daring%29
http://rizkyfauzi897.blogspot.co.id/2012/12/permainan-daring.html
►Diposting oleh
:yusuf maulana
:
di
03.33
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar